Sejarah

Ide ini bermula ketika Dekan Fakultas Teknik yang dipimpin oleh Budi Hartadi, S.T., M.T yang ingin mengembangkan Fakultas Teknik dengan menambah Program Studi Baru, dikarenakan di Fakultas Teknik hanya terdapat dua (2) Program Studi yaitu Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Sipil. Program Studi yang ingin dibentuk oleh Dekan Fakultas Teknik adalah Program Studi Teknik Elektro. Seiring berjalannya waktu ide untuk mendirikan Program Studi Teknik Indusri bermula ketika Dr. Jamari S.T., M.T selaku dosen dari Universitas Diponegoro melakukan kunjungan untuk mempromosikan Program S3 yang ingin ditawarkan kepada dosen-dosen di Fakultas Teknik.

Di momen tersebut Dekan Fakultas Teknik menyampaikan ingin membuka Program Studi Baru dan Dr. Jamari, S.T., M.T menyarankan untuk membuka Program Studi Teknik Industri, dikarena Universitas-Universitas yang memiliki Prodi Teknik Industri khususnya Universitas di Pulau Jawa mengalami perkembangan yang sangat signifikan mengenai penerimaan dan antusias siswa untuk masuk ke Prodi Teknik Industri, hal tersebut yang mendasari Dr. Jamari, S.T., M.T menyarankan agar Prodi Teknik Industri segera dibuka di Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan saran tersebut, Dekan Fakultas Teknik langsung mengambil tindakan dengan melakukan pembicaraan kepada Rektor Universitas Islam Kalimantan MAB yang saat itu dipimpin oleh Dr. H. Mustatul Anwar. M., M.Pd., M.Kes. hal tersebut langsung ditindak lanjuti dengan menerbitkan Surat Penunjukan Nomor 471.A/KEP/UNISKA/P.15/VIII/2015 pada tanggal 28 Agustus 2015 yang berisikan pembentukan Panitia Pendirian Program Studi Teknik Industri. Berdasarkan surat penunjukan tersebut, panitia pembentukan mulai bekerja dan mengurusi pendirian Program Studi Teknik Industri yang pada akhirnya Program Studi Teknik Industri mendapatkan izin pendirian dan operasional oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Nomor 328/KPT/I/2016 pada tanggal 30 September 2016.

Program Studi Teknik Industri UNISKA merupakan Program Studi Pertama di seluruh PTS dan PTN Provinsi Kalimantan Selatan. Hal ini membuat Program Studi Teknik Industri UNISKA memiliki kesempatan yang besar untuk berkembang dan membantu masyarakat di Bidang Industri.