Cara Login ke Halaman Admin WordPress

Melanjutkan tutorial belajar wordpress, kali ini saya akan membahas cara mengakses (login) ke menu administrasi wordpress. Di dalam halaman admin inilah nantinya kita membuat posting, artikel, mengubah theme, dll. Selain itu akan dibahas cara login, logout dan cara mengupdate wordpress dari aplikasi wordpress itu sendiri.

Halaman awal admin WordPress dikenal juga dengan sebutan Dashboard.

Cara Log-in ke Halaman Administrasi WordPress

Cara untuk log in ke halaman administrasi wordpress adalah dengan mengunjungi alamat http://localhost/wordpress/wp-login.php, atau ke http://localhost/wordpress/wp-admin. Namun pastikan Web server Apache dan Database Server MySQL telah berjalan.

Pada halaman ini kita akan berhadapan dengan form login. Disini kita harus menginput username dan password yang dibuat sewaktu proses instalasi. Dalam tutorial cara menginstall wordpress offline, saya membuat username: admin_situsku, dan password: qwerty.

Kotak checkbox remember me bisa di pilih agar wordpress menyimpan cookie di web browser, sehingga kita tidak perlu menginput password lagi di lain waktu. Namun pastikan fitur ini dipilih hanya ketika digunakan di komputer pribadi.

Setelah mengisi username dan password, klik tombol Log In untuk masuk ke menu administrasi wordpress.

Link “Lost your password?” bisa digunakan untuk mereset password admin jika anda lupa, tapi fitur ini hanya bisa dipakai untuk wordpress online (menggunakan jasa web hosting).

Share! ke media sosial anda...!